User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Sesuai analisis sebelumnya, pada minggu lalu pasar saham akhirnya terkoreksi setelah sebulan lebih menguat terus. Sempat naik hingga level 6.165, IHSG akhirnya turun dan ditutup di level 6.008. Secara teknikal IHSG berada di fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Rabu 23 Desember 2020

Analisis Pasar Saham IHSG 28 Desember 2020

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat mulai berkonsolidasi. MACD di bawah signal, di area positif. RSI terlihat bergerak turun, keluar dari area overbought. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG berada di fase sideways dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS masih berhasil menguat. Indeks Dow Jones berada di level 30.199, naik tipis dibanding penutupan minggu sebelumnya di 30.179. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 3703, turun tipis dibanding penutupan sebelumnya di 3.709

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Pasar memasuki masa libur panjang akhir tahun 2020.

Menurut saya, minggu ini pasar saham berpotensi melanjutkan pola konsolidasi. Dengan hanya ada 3 hari bursa saham, kemungkinan market bergerak secara sideways di area trading tersebut. Tanggal 31 Desember 2020 libur pengganti cuti bersama Idul Fitri. Tanggal 1 Januari 2021 libur Tahun Baru. Kemungkinan tidak banyak kejutan yang terjadi di pasar saham menjelang libur akhir tahun tersebut.

Pergerakan IHSG kemungkinan berada dalam area trading 5853-6165. IHSG masih relatif aman selama support 5.853 tidak tembus ke bawah. Disarankan tetap safe trading.

Support IHSG 5.853. Resistance 6.165

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase sideways dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: BUY
    Dalam jangka menengah IHSG masih fase uptrend, disarankan akumulasi beli pada saham-saham tertentu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.