Pada minggu lalu pasar saham rebound tajam. IHSG akhirnya ditutup di level 6.874, naik dibanding dengan penutupan minggu sebelumnya di 6.641. Dalam seminggu IHSG naik +3,5%. Secara teknikal IHSG masuk fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah mampu menguat atau malah terkoreksi lagi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini. Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 20 Januari 2023

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu 1ni 24 Januari 2023

Kondisi Pasar Saham Saat Ini

IHSG terlihat bergerak naik. Moving Average periode pendek mendekati periode panjang. RSI bergerak naik. Dari kondisi teknikal, terlihat IHSG masuk fase sideways dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS terkoreksi. Indeks Dow Jones berada di level 33.375, turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 34.302. Sedangkan indeks S&P500 di level 3.972, turun dibanding penutupan sebelumnya di 3.999.

 

Kalender Ekonomi Minggu Ini

Minggu ini tidak banyak banyak rilis data dan kejadian ekonomi penting. Yang akan dicermati pelaku pasar adalah data GDP AS. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Selasa 24 Januari 2023 : Data manufaktur Inggris, Data sektor jasa AS
  2. Rabu 25 Januari 2023 : Data inflasi New Zealand, Data inflasi Australia, Suku bunga Kanada
  3. Kamis 26 Januari 2023 : Data GDP AS
  4. Jumat 27 Januari 2023 : Data indeks harga AS

 

Analisis IHSG Terkini

Sementara ini pasar saham masuk fase sideways dalam jangka pendek.

Pasar saham dunia terlihat berkonsolidasi. Namun berbeda dengan pasar saham dunia, IHSG terlihat rebound cukup kuat. Namun rebound ini didukung nilai transaksi yang tidak besar. Boleh dibilang bursa saham masih terbilang sepi.

Menurut saya, kemungkinan IHSG berpotensi bergerak dalam pola konsolidasi di minggu ini setelah rebound tajam pada minggu lalu. Bisa jadi rebound yang terjadi sekarang merupakan rebound terbatas atau death cat bounce (DBC).

Perhatikan IHSG saat ini berada di area trading 6.726-6.953.

Level resistance terdekat berada di kisaran 6.952. Jika tembus ke atas, level resistance berikutnya di 7.000.

Sedangkan level support terdekat di kisaran 6.726. Jika tembus ke bawah, level support berikutnya di 6.557.

Disarankan tetap safe trading.

 

 

Rekomendasi Saham Secara Umum

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG sideways dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: SELL
    Dalam jangka menengah IHSG di fase downtrend. Bisa mengurangi porsi saham di portofolio.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi saham secara umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Buka rekening saham

Dapatkan GRATIS sinyal jual beli saham selama setahun, bila membuka rekening saham lewat JurusCUAN dan setor dana minimal Rp 5 juta
Langsung daftar online buka rekening saham di sini