Pada minggu lalu bursa saham hanya naik tipis di level 6.086, dibanding penutupan minggu sebelumnya di 6.070. Secara teknikal IHSG berada di fase sideways dalam jangka pendek. Sementara ini IHSG berada di kisaran level resistance 6.115. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 16 April 2021

Prediksi Analisis Pasar Saham IHSG Minggu Ini - 19 April 2021

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG masih bertahan di atas level 6.000. Moving Average periode pendek di bawah Moving Average periode panjang. RSI terlihat bergerak naik. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG berada di fase sideways dalam jangka pendek. Penjelasan cara penggunaan indikator Moving Average untuk trading bisa dibaca di buku Panduan Trend Following

Sementara bursa saham AS kembali menguat. Indeks Dow Jones berada di level 34.200, naik dibanding penutupan minggu sebelumnya di 33.800. Sedangkan indeks S&P500 berhasil naik di level 4.185, naik dibanding penutupan sebelumnya di 4.128

Minggu ini tidak banyak data dan kejadian ekonomi penting. Yang akan dicermati investor terutama adalah pernyataan Ketua Fed Powell. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Rabu 21 April 2021 : Data inflasi NZ, Suku bunga Kanada
  2. Kamis 22 April 2021 : Pernyataan ECB
  3. Jumat 23 April 2021 : Data manufaktur Jerman dan Perancis

Menurut saya, masih bergerak dalam pola sideways. Tapi saya melihat IHSG berpotensi breakout level resistance 6.115. Jika itu terjadi, ada potensi penguatan dan menguji level resistance berikutnya di 6.230. Selama tidak breakdown level 5.944 kemungkinan masih aman. Tapi bagaimanapun juga disarankan tetap safe trading.

Support IHSG 5.944. Resistance 6.115

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase sideways. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG fase sideways. Amati perkembangan pasar saham selanjutnya dulu.

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

 

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN cuan besar dari saham AUTO

Terbukti memberikan cuan bagi membernya
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN