Pada minggu lalu sesuai prediksi, market masih bergerak dalam pola sideways. IHSG ditutup di level 6.244, sedikit turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 6.291. Secara teknikal IHSG masih di fase sideways dalam jangka pendek. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya? Akankah IHSG mampu menguat atau malah terkoreksi kembali? Simak ulasan lengkap Analisis Teknikal IHSG terbaru di sini.

Gambar di bawah adalah grafik IHSG sampai hari Jumat 24 Januari 2020

Analisis Pasar Saham IHSG 27 Januari 2020

 

KONDISI PASAR SAHAM SAAT INI

IHSG terlihat bergerak relatif datar. MACD di bawah signal, di area positif. MACD terlihat mendekati level 0, jika turun lagi berarti masuk area negatif. RSI terlihat bergerak turun. Dari kondisi teknikal ini, saya menyimpulkan IHSG masih berada pada fase sideways dalam jangka pendek.

Sementara bursa saham AS bergerak cenderung sideways di minggu lalu. Indeks Dow Jones berada di level 28.989, turun dibanding penutupan minggu sebelumnya di 29.348. Sedangkan indeks S&P500 terakhir di level 3.295, melemah dibanding penutupan sebelumnya di 3.329. Pelemahan bursa saham AS didorong sentimen negatif menyebarnya coronavirus yang berawal di Wuhan China. Sampai 24 Januari 2020, sudah 41 orang meninggal akibat infeksi virus dan lebih dari 1000 orang terkonfirmasi terinfeksi. Kasus Corona virus dikabarkan sudah terkonfirmasi di AS sebanyak dua kasus, dan terakhir satu kasus di Australia.

Minggu ini cukup banyak data dan kejadian ekonomi penting. Investor akan memperhatikan rilis suku bunga Fed dan data GDP AS. Berikut adalah kejadian dan data ekonomi dalam minggu ini:

  1. Senin 27 Januari 2020 : Data iklim bisnis Jerman
  2. Selasa 28 Januari 2020 : Data keyakinan konsumen AS
  3. Rabu 29 Januari 2020 : Data inflasi Australia, Suku bunga Fed
  4. Kamis 30 Januari 2020 : Suku bunga Inggris, Data GDP AS
  5. Jumat 31 Januari 2020 : Data manufaktur China, Data GDP Kanada

Menurut saya, di minggu ini IHSG kemungkinan bergerak cenderung turun, seiring merebaknya sentimen negatif Coronavirus. Bila level support 6.218 jebol ke bawah, potensi penurunan lebih lanjut.

Support IHSG berada di 6.218, sedangkan resistance di 6.348. Bila support 6.218 jebol, support berikutnya di level 6.139

 

REKOMENDASI UMUM

  • Rekomendasi bagi trader saham: SHORT TERM TRADING
    IHSG di fase sideways dalam jangka pendek. Bisa trading jangka pendek pada saham-saham tertentu. Tetap safe trading.
  • Rekomendasi bagi investor saham: WAIT AND SEE
    Dalam jangka menengah IHSG terlihat sideways, disarankan memantau pekembangan pasar saham selanjutnya

Rekomendasi di atas adalah rekomendasi umum. Jika ingin mendapatkan sinyal jual beli saham yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan layanan rekomendasi saham dari JurusCUAN.com yang dikirimkan langsung real time ke smartphone Anda.

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN cuan besar dari saham ADMR

Mau ikutan cuan dari saham?
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN