User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Apa itu saham? Apa pengertian saham? Apa definisi saham? Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh pemula yang hendak memulai investasi saham. Artikel ini akan membahas tentang pengertian saham dan bagaimana wujud fisik saham.

Apa Itu Saham?

Dalam bahasa Inggris, saham sering disebut sebagai “stock” atau “share”. Jika kita menilik arti kata “share”, maka jelas sekali bahwa saham adalah suatu penyertaan.

Saham adalah suatu tanda penyertaan modal atau kepemilikan dalam suatu perusahaan. Jika kita membeli saham, artinya kita membeli bagian kepemilikan suatu perusahaan. Dengan demikian membeli saham merupakan cara termudah dan tercepat untuk ikut serta memiliki suatu bisnis. Jadi kalau kita ingin memiliki bisnis restoran misalnya, tidak perlu repot membangun bisnis dari awal, cukup beli saham restoran tersebut.

 

Apa Hak Pemegang Saham?

Dengan menyertakan modal tersebut, maka pemegang saham memiliki hak sebagai berikut:

  1. Hak klaim atas pendapatan perusahaan (dalam bentuk dividen)
  2. Hak klaim atas aset perusahaan (bila misalnya perusahaan bangkrut atau ditutup)
  3. Hak untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

Seperti Apa Wujud Fisik Saham?

Wujud fisik saham hanyalah berupa selembar kertas yang menerangkan siapa pemiliknya, yaitu berbentuk sertifikat saham. Karena itu saham juga sering disebut surat berharga atau efek (dalam bahasa Inggris disebut sebagai security).

Contoh wujud fisik saham dalam bentuk sertifikat surat berharga

Gambar di atas adalah wujud fisik contoh saham dalam bentuk sertifikat surat berharga.

Akan tetapi, kita jarang sekali melihat bentuk fisik saham. Sebenarnya juga tidak perlu, karena sekarang perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia sudah tanpa wujud fisik. Semua dalam bentuk catatan, di dalam rekening atas nama pemilik. Hal ini supaya penyelesaian transaksi saham semakin cepat dan mudah.

Ingin segera mulai berinvestasi saham? Buka rekening saham di sini