User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Harga saham kadang jatuh sangat dalam, biasanya karena ada kasus, misalnya kasus hukum, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan panic selling di kalangan investor saham, hingga semua ramai-ramai membuang saham tersebut di harga murah. Harga saham yang turun tajam biasanya sangat menarik karena dianggap murah. Apa yang harus dilakukan bila melihat harga saham turun tajam seperti pisau jatuh?

Menangkap Pisau Jatuh Di Pasar Saham

Pisau Jatuh di Pasar Saham

 

Menangkap Pisau Jatuh (Catch The Falling Knife)

Di pasar saham ada istilah menangkap pisau jatuh (Catch The Falling Knife), yang berarti usaha untuk membeli saham yang harganya sudah turun dalam. Saham yang jatuh dengan cepat dan dalam, biasanya juga dibarengi oleh potensi rebound yang juga cepat. Tapi ini juga tidak menjamin semua saham memiliki perilaku demikian, ada yang bahkan turun tajam dan tidak balik lagi. Harga saham yang jatuh diibaratkan adalah pisau jatuh, memiliki risiko tinggi. Kalau kita menangkap pisau jatuh, salah memegang bagian yang tajam artinya tangan akan terluka. Sementara kalau berhasil menangkap pisau jatuh di pasar saham artinya kita berhasil membeli harga saham di harga sangat murah dan potensi untungnya sangat besar.

 

Apa Penyebab Harga Saham Jatuh Sangat Dalam?

Secara umum ada dua hal yang bisa menyebabkan harga saham jatuh sangat dalam:

  1. Karena ada sesuatu, biasanya kasus, misalnya kasus hukum, indikasi kinerja jelek, dan sebagainya
  2. Pasar panik. Investor yang panik biasanya ikut menjual sahamnya, termasuk saham yang sebenarnya tidak memiliki masalah apa-apa

 

Kapan Sebaiknya Menangkap Pisau Jatuh?

Karena memiliki risiko tinggi, sebenarnya tidak terlalu disarankan untuk memakai strategi menangkap pisau jatuh ini. Disarankan hanya digunakan trader berpengalaman dan berani cut loss. Karena saham yang sedang turun tajam, biasanya ada apa-apanya. Biasanya ada udang di balik bakwan. Jika harga ternyata turun lagi, maka sebaiknya disiplin cut loss.

Kalau secara fundamental, suatu perusahaan tidak ada masalah, kemudian harga turun tajam, biasanya kita bisa memakai strategi ini dengan relatif aman. Tapi sebaliknya, kalau secara fundamental suatu perusahaan sedang ada masalah dan turun tajam, kemudian harga turun tajam, biasanya rebound yang terjadi cukup cepat, tapi kemudian harga kembali turun lagi. Sehingga strategi menangkap pisau jatuh cukup berisiko.

Strategi terbaik dalam menangkap pisau jatuh adalah menunggu hingga pisau jatuh di lantai dan baru dipungut. Kelemahannya memang kita agak terlambat. Tapi lebih aman. Jadi kita menunggu hingga harga mencapai titik terendah dan harga berbalik ke atas. Caranya mendeteksinya bisa dengan menggunakan Analisis Teknikal (seperti menggunakan berbagai indikator atau membaca candle harga).

Strategi menangkap pisau jatuh di pasar saham

Semoga artikel ini bermanfaat.