Mau menjadi investor saham sukses? Berikut adalah 6 hal penting yang menurut Warren Buffett dilakukan oleh investor saham sukses. Disarikan dari buku The Money Masters karya John Train yang terbit tahun 1980.

6 Hal Penting Yang Dilakukan Investor Saham Sukses

1. Kamu harus digerakkan oleh keserakahan yang terkontrol dan fokus pada proses investasi

Tetapi kamu tidak boleh membiarkan keserakahan menguasai. Jika terlalu tertarik oleh uang, kamu akan merusak dirimu sendiri. Jika kurang tertarik pada uang, kamu tidak akan menjalaninya. Dan kamu harus menikmati prosesnya. Proses investasi selalu lebih menyenangkan bagi Buffett daripada mendapatkan uang dari investasi.

Fokus pada proses

 

2. Kamu harus memiliki kesabaran

Warren Buffett menekankan bahwa kamu seharusnya tidak pernah membeli saham, kecuali jika kamu tetap happy bila tahu seandainya pasar saham akan tutup dalam 10 tahun ke depan. Beli saham perusahaan karena kamu ingin memilikinya selamanya. Bukan karena kamu kira harga sahamnya akan naik. Buffett mengatakan bila kamu benar tentang perusahaannya, dan membeli sahamnya pada harga yang wajar, pada akhirnya kamu akan benar tentang sahamnya.

Kesabaran adalah kunci

 

3. Kamu harus berpikir secara independen

Tulis alasanmu membeli saham. Ketika kamu sudah menulisnya, tetapkan keputusanmu beli atau tidak. Tidak perlu merasa harus konsultasi pada orang lain. Buffett beralasan, jika tidak tahu bagaimana memutuskan, maka seharusnya kamu tidak perlu berinvestasi. Buffett mengutip kata-kata Benjamin Graham: "Fakta bahwa orang lain setuju atau tidak setuju tidak masalah. Pada akhirnya kamu akan benar, jika fakta dan alasanmu benar."

Berpikir secara independen

 

4. Kamu harus punya keyakinan yang berasal dari pengetahuan, tanpa terburu-buru atau keras kepala

Jika kamu kurang yakin, maka ketakutan akan timbul. Sebagai contoh Buffett menyebutkan investor yang tidak tahu fakta tapi tetap panic selling ketika melihat harga sahamnya turun. Tanya dirimu sendiri: "Seberapa yakin dirimu." Dalam sembilan dari sepuluh kali, kamu belum tentu yakin. Tetapi pada akhirnya kamu mendapatkan keyakinan tersebut, dan kamu seakan-akan mendengar bunyi uang bergemerincing."

Kamu harus punya keyakinan

 

5. Terima kenyataan, bahwa kamu tidak tahu semuanya

Orang-orang sering menanyai Buffett tentang saham apa saja yang ingin ditambahkan di portofolionya. Ia berkata:"Saya tidak tahu saham ini. Saya tidak tahu saham itu. Saya tidak tertarik pada saham yang saya tidak tahu." Kita tidak perlu tahu semua saham. Cukup tahu sebagian kecil saham, tetapi tahu sedalam-dalamnya.

Kita tidak perlu tahu semua saham

 

6. Bersikap fleksibel terhadap jenis bisnis yang ingin kamu beli, tapi jangan pernah mau membayar melebihi nilai bisnisnya

Open minded terhadap pilihan saham, jenis industrinya, prospeknya. Setelah memilih, kalkulasi nilai bisnis tersebut dan prospek ke depannya. Warren Buffett terkenal karena fokusnya pada value investing. Ia mengatakan: “Never overpay for anything.” Termasuk pada harga saham.

Jangan pernah mau membayar melebihi nilai bisnisnya

Semoga artikel di atas menginspirasi

>> Jangan Lewatkan

Member Rekomendasi saham JurusCUAN panen cuan dari saham PTMP

Mau ikutan cuan dari saham?
Segera bergabung bersama member lain di Rekomendasi Saham JurusCUAN