User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Setiap trader tentunya sudah mengenal Analisis Teknikal. Banyak trader yang percaya bahwa Analisis Teknikal berfungsi untuk memprediksi arah pergerakan harga. Benarkah faktanya demikian?

Fungsi Analisis Teknikal

Saya membuat polling kecil-kecilan tentang Analisis Teknikal di salah satu sosial media. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Polling Analisis Teknikal

Hasilnya 75,4% percaya bahwa Analisis Teknikal berfungsi untuk memprediksi arah pergerakan harga. Padahal ini adalah pernyataan yang salah.

Faktanya: Analisis Teknikal sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk memprediksi arah pergerakan harga. Analisis Teknikal hanya bisa menampilkan kondisi harga saat ini. Ibaratnya Analisis Teknikal adalah kamera untuk memotret kondisi harga terkini. Tidak lebih dari itu.

Polling Analisis Teknikal - Jawaban

Lalu mengapa Analisis Teknikal dianggap bisa memprediksi? Hal ini disebabkan manusia memang suka memprediksi dari mengenali pola.

Manusia terbiasa mengenali pola. Hal ini terjadi sejak jaman purba. Hal ini terkait dengan kelangsungan hidup. Contohnya saat manusia purba melihat rumput bergoyang, di kepalanya langsung berpikir ada bahaya, ada binatang buas. Apa yang dilakukan? Ia buru-buru kabur. Tapi apakah rumput bergoyang pasti akan ada binatang buas? Belum tentu. Tetapi daripada mati, ia buru-buru kabur.

Kerja otak purba ini berpengaruh sampai sekarang. Sama seperti pada Analisis Teknikal, trader mengenali pola, dan selanjutnya ia sendiri yang memprediksi. Bukan karena Analisis Teknikal yang bisa memprediksi, tetapi orangnya sendiri yang punya kecenderungan melakukan prediksi tersebut.

 

Apa Dampak Pemahaman Yang Salah Tentang Fungsi Analisis Teknikal?

Trader yang memahami bahwa Analisis Teknikal berfungsi untuk memprediksi arah pergerakan harga akan berpotensi terjebak dalam beberapa hal merugikan:

  1. Terpaku pada prediksinya. Secara psikologis akan terbentuk "anchor bias". Menurutnya harga seharusnya sesuai dengan prediksinya. Padahal harga bisa berlawanan dengan prediksinya
  2. Trader yang terpaku pada prediksinya, biasanya tidak mau cut loss, karena cut loss akan melukai egonya pada prediksi tersebut
  3. Berusaha mencari strategi trading yang bisa memprediksi lebih akurat. Trader tersebut akan mencari "holy grail" yang tentu saja tidak akan pernah ketemu. Sehingga malah melupakan hal lain yang lebih penting seperti Manajemen Uang dan Psikologi Trading

 

Lalu Apa Sebenarnya Fungsi Atau Kegunaan Analisis Teknikal?

Analisis Teknikal hanya memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai alat bantu untuk mengetahui kondisi pasar saat ini
  2. Untuk membantu membuat Sistem Trading

Ya, fungsi Analisis Teknikal sebenarnya cuma itu

 

Kesimpulan

Jika percaya Analisis Teknikal bisa memprediksi arah pergerakan harga selanjutnya, kemungkinan besar Anda belajar dari sumber yang salah.

Jika percaya Analisis Teknikal bisa memprediksi arah pergerakan harga selanjutnya

 

Belajar Analisis Teknikal Lebih Lanjut

Mempelajari Analisis Teknikal dengan benar akan membantu Anda menjadi trader yang lebih baik. Anda bisa mempelajari Analisis Teknikal lebih lanjut dari buku Analisis Teknikal Untuk Profit Maksimal
Buku ini terbilang lengkap dalam membahas Analisis Teknikal dan bahasanya juga mudah dipahami.

Semoga artikel ini bermanfaat