User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Squid game adalah salah satu serial terpopuler di Netflix. Di dalam serial tersebut, dikisahkan tentang 456 orang yang memiliki berbagai kesulitan keuangan memasuki permainan hidup atau mati. Mereka berkesempatan untuk memenangkan 45,6 miliar Won Korea, atau 38 Juta Dolar AS. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 544 miliar. Yang menarik, kita bisa belajar banyak tentang trading dari Squid Game, termasuk mengenal konsep Game Creator, Game Manager, Game Rules dan Player. Catatan: mengandung spoiler.

Belajar trading dari Squid Game

Trading Mirip Dengan Squid Game

Pada dasarnya dunia trading memiliki banyak kesamaan dengan Squid Game:

  1. Pemainnya adalah orang-orang yang ingin mendapat banyak uang
  2. Zero Sum Game. Kerugian seorang pemain adalah keuntungan dari pemain lain. Di dunia trading, bila ada trader yang rugi, berarti ada trader yang untung
  3. Hanya sedikit yang berhasil. Di Squid Game hanya 1 dari 456 orang yang bertahan hidup dan mendapatkan hadiah uang. Di dunia trading hanya sebagian kecil yang berhasil menjadi trader sukses
  4. Yang berhasil adalah orang yang memiliki skill dan atau keberuntungan

Perbedaannya pada reward dan risk. Di Squid Game, reward hadiah uang telah disediakan. Sedangkan di dunia trading, uang yang dipertaruhkan disediakan sendiri oleh para trader. Kalau di Squid Game, pemainnya berisiko kehilangan nyawa, sedangkan di dunia trading risikonya adalah kehilangan uang yang dipertaruhkan.

 

Struktur Squid Game

Squid Game memiliki beberapa komponen yang membentuknya, yaitu:

  1. Game Creator, yang membuat permainan dan aturannya
  2. Game Manager, sering disebut juga Game Master, yang membawahi pasukan berbaju pink. Fungsinya mengatur jalannya permainan dan sekaligus menegakkan aturannya
  3. Game Rules, aturan yang harus ditaati oleh pemain
  4. Player, yaitu pemain

Trading juga memiliki struktur seperti ini. Ambil contoh paling mudah, yaitu pasar saham, memiliki Game Creator (pemerintah), Game Manager ( otoritas yaitu BEI), Game Rules (UU Pasar Modal), dan Player (trader, baik ritel atau institusi).

Yang perlu dicatat, di dalam Squid Game, baik Game Creator dan Game Manager tidak ikut bermain, tapi cuma memfasilitasi. Jadi pemain saling bersaing satu sama lain. Hal yang sama, juga terjadi pada pasar saham. Hal ini menciptakan persaingan antar pemain. Setidaknya masih ada peluang untuk mengalahkan pemain lain, baik dengan skill dan atau keberuntungan.

 

Bagaimana Jika Game Creator Ikut Bermain?

Jika Game Creator ikut bermain, maka tidak ada harapan bagi para pemain.

Di dalam suatu permainan, Game Creator dan Game Master bisa dirangkap orang atau institusi yang sama. Contoh bila Game Creator merangkap Game Master ikut bermain dan bisa menghabisi semua pemainterjadi pada kasus koin kripto Squid Game. Koin ini dibuat mendompleng ketenaran Squid Game dan ternyata scam. Koin dibuat naik pelan-pelan hingga $2800 selama dua minggu. Lalu dalam beberapa detik dibikin jadi $0 oleh Game Creator. Singkat cerita, Anda tidak akan pernah bisa menang jika melawan Game Creator. You can't beat Game Creators in their own game

Squid Game coin crypto scam

Di dalam penipuan berkedok investasi dan trading, Anda mungkin bisa menang di awal, yang hanya terjadi karena "kemurahan hati" sang Game Creator. You can win only if Game Creator lets you win. Awalnya Game Rules dibuat sehingga terlihat menguntungkan bagi para pemain. Biasanya untuk pancingan supaya Anda betah di permainan tersebut. Tapi kemenangan itu hanya sementara, akhirnya nanti Game Creator yang akan menang. Dalam sekejab mata, ia akan mengubah Game Rules untuk menghabisi semua pemain. Anda akhirnya cuma gigit jari.

Jadi, jika memasuki dunia trading, perhatikan dulu Anda berada dalam permainan apa, seperti apa aturannya, dan berhadapan dengan siapa? Berhadapan dengan sesama pemain lain atau justru melawan Game Creator?

 

Strategi Trading Red Light - Green Light

Salah satu permainan di dalam Quid Game adalah Red Light - Green Light. Di sini pemain diam atau berhenti bila ada tanda lampu merah. Sebaliknya bisa maju, bila ada tanda lampu hijau. Permainan ini memang sangat sederhana.

Squid Game red light green light

Trading menggunakan strategi Trend Following juga seperti permainan Red Light - Green Light.

Red light = downtrend = exit
Green light = uptrend = entry

The trend is your friend, until it ends

Sederhana itu

 

Faktor Psikologis Sangat Penting

Walaupun permainan Red light - Green Light sangat mudah. Tetapi justru lebih banyak pemain yang mati. Sebabnya adalah faktor psikologis. Saat terjadi kematian pertama di permainan Red Light - Green Light, semua pemain panik. Ada yang berlarian ke sana kemari, ada yang terpaku diam. Hanya pemain yang berhasil menguasai emosinya yang berhasil selamat.

Squid Game red light green light panic

Saat terjadi crash di pasar saham biasanya para trader juga panik. Hanya trader yang berhasil menguasai emosinya dan tetap menjalankan strateginya dengan disiplin yang bisa berhasil. Psikologi trading adalah kuncinya.

 

Semoga artikel ini menginspirasi.