User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Perencanaan keuangan sangat penting karena bisa memberikan panduan untuk mencapai berbagai tujuan finansial di berbagai tahap hidup yang berbeda. Setiap orang memiliki tahap hidup yang mirip, mulai dari sekolah, bekerja, bekeluarga, memiliki anak, sampai akhirnya pensiun. Perencanaan keuangan bisa bermanfaat untuk masa sekarang, beberapa tahun mendatang atau nanti untuk masa pensiun.

Perencanaan keuangan yang komprehensif bisa membantu kita dalam berbagai hal, seperti:

  1. Cash Flow Planning. Perencanaan keuangan yang baik bisa membantu mengatur anggaran, tabungan, memonitor pemasukan dan pengeluaran untuk memastikan kita punya uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
  2. Debt Management. Ingin bebas dari hutang? Perencanaan keuangan bisa membantu kita dalam melunasi hutang
  3. Insurance Planning. Perencanaan keuangan yang baik tentu saja tidak akan melupakan faktor proteksi, misalnya dalam bentuk dana darurat, asuransi, jika terjadi hal tidak diinginkan.
  4. Investment Planning. Kita perlu melakukan rencana investasi untuk meningkatkan nilai aset yang dimiliki secara optimal sesuai profil risiko pribadi
  5. Major Purchase Planning. Kita mungkin memiliki beberapa keinginan yang membutuhkan dana cukup besar, misalnya membeli mobil, liburan ke luar negeri, menyiapkan dana pernikahan, dan lain sebagainya. Perencanaan keuangan bisa membantu kita tetap berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
  6. Estate Planning. Memiliki rumah merupakan impian bagi sebagian besar orang. Perencanaan keuangan bisa membantu kita memiliki rumah, termasuk mempersiapkan cara membelinya misalnya dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).
  7. College Planning. Hal penting lain yang perlu direncanakan jauh-jauh hari adalah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Perencanaan keuangan bisa membantu kita agar anak bisa menempuh pendidikan yang diinginkan
  8. Retirement Planning. Perencanaan keuangan yang baik akan memastikan kita punya kekayaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan saat pensiun nanti. Hal ini sangat diperlukan karena saat tua, tentunya kita biasanya sudah tidak terlalu produktif lagi.

Perencanaan keuangan berguna untuk apa saja

Semoga artikel ini bermanfaat