User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Untuk mencapai berbagai tujuan finansial, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana proses melakukan perencanaan keuangan. Proses perencanaan finansial biasanya dilakukan dalam beberapa tahap, tidak langsung sekali jadi. Hal ini perlu dilakukan supaya efektif, menyeluruh dan menjamin tercapainya tujuan finansial tersebut.

Proses perencanaan keuangan dapat dibagi dalam beberapa tahap-tahap, yaitu:

  1. Menilai kondisi finansial. Tahap pertama adalah menilai kondisi keuangan terkini. Termasuk mengetahui berapa kekayaan atau net worth kita.
  2. Membuat anggaran. Tahap berikutnya adalah membuat anggaran untuk mengetahui kebiasaan kita dalam menggunakan uang
  3. Menetapkan tujuan finansial. Setelah mengetahui kondisi finansial dan kebiasaan, selanjutnya kita bisa menentukan tujuan finansial, baik untuk jangka panjang, menengah dan jangka panjang.
  4. Mengetahui profil risiko. Kita perlu mengetahui kemampuan menanggung risiko, hal ini akan menjadi penentu pada rencana finansial yang akan dibuat.
  5. Membuat rencana finansial. Langkah berikutnya adalah membuat rencana finansial, baik untuk rencana tabungan, asuransi, kepemilikan rumah, dana pensiun, dan pengelolaan utang.
  6. Meninjau dan menyesuaikan rencana finansial secara periodik. Langkah penting berikutnya adalah disiplin menjalankan rencana finansial. Kita juga perlu meninjau dan menyesuaikan rencana finansial secara periodik menurut perkembangan kondisi terkini.

Proses Perencanaan Finansial

Semoga artikel ini bermanfaat